Glukoma merupakan salah satu penyakit mata yang disebabkan karena kelainan saraf optik. Pada umumnya penderitanya mengalami tekanan bola mata yang menyebabkan tidak berfungsinya saraf optik. Tahukah Anda jika penyakit ini merupakan penyakit ke-2 penyebab kebutaan di Indonesia. Agar tak terserang yuk kenali dulu apa saja gejala-gejalanya.

Rasa Nyeri Pada Salah Satu Bagian Mata

Pada umumnya penderita penyakit ini akan merasakan nyeri pada salah satu bagian matanya secara tiba-tiba. Hal ini akan menyebabkan timbulnya rasa berat di salah satu bagian matanya. Jadi jika Anda merasakan rasa nyeri tiba-tiba dan hal aneh yang terjadi pada mata Anda, jangan ragu untuk periksa ke dokter untuk memastikan diagnosis penyakit dan kelainan pada mata.

Penglihatan Tidak Jelas dan Berkabut

Jika penglihatan Anda tidak jelas dan terasa berkabut, pastikan untuk tidak menyepelekan hal yang satu ini. Sebab hal ini bisa menjadi gejala awal pada fungsi penglihatan Anda yang mulai menurun. Terlebih lagi jika disertai dengan rasa yang sensitif terhadap cahaya. Jadi jika merasa ada yang aneh pastikan segera lakukan pemeriksaan agar penanganannya tidak terlambat.

Mata Melihat Bayangan Pelangi di Sekitar Mata

Jika Anda melihat bayangan pelangi di sekitar mata, pastikan Anda perlu berhati-hati terkena gejala penyakit yang satu ini. Biasanya kondisi ini disebabkan karena mata tidak bisa menangkap cahaya yang masuk pada mata akibat saraf optik yang sudah rusak. Untuk itu segeralah lakukan pemeriksaan tajam penglihatan, lapang pandang, dam slit lamp oleh dokter ahli.

Adanya bayangan lingkaran pelangi saat melihat cahaya juga sering disebut sebagai efek halo. Jadi jika Anda sudah mengalami gejala yang satu ini pastikan untuk segera konsultasi dengan dokter sebelum penglihatan semakin menurun.

Mata Bengkak dan Merah

Gejala mata bengkak dan merah ternyata tak hanya terjadi pada sakit mata biasa saja. Kondisi ini juga bisa menjadi gejala penyakit mata yang serius. Hal ini biasanya terjadi akibat cairan yang menumpuk pada bola mata dan menyebabkan mata menjadi bengkak. Jika mata Anda merah dan bengkak, segera periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut.

Mata Berair Terus Menerus

Anda juga perlu waspada jika mata Anda berair terus menerus. Pasalnya saraf yang terganggu juga bisa menyebabkan mata Anda menjadi berair terus menerus. Kondisi ini juga bisa menjadi gejala penyakit mata serius yang perlu Anda waspadai. Bila Anda mengalaminya, lakukan perawatan lebih lanjut pada dokter mata agar mendapat penanganan yang tepat.

Itulah beberapa gejala penyakit glukoma yang wajib Anda waspadai. Terlebih lagi penyakit ini menjadi penyebab kebutaan terbesar ke-2 di Indonesia. Jadi penting sekali bagi Anda untuk mengetahui gejalanya agar bisa segera mendapat perawatan yang tepat. Jika merasa ada hal yang aneh pada mata Anda, jangan ragu untuk segera periksa ke dokter mata terdekat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *